Pengelolaan Sampah dengan 5R

Penggunaan plastik memang sudah jadi bagian sehari-hari kehidupan manusia. Bahannya yang ringan dan penggunaan yang praktis membuat pemakaian plastik semakin meningkat setiap harinya.

Dibalik penggunaan plastik yang semakin sering, ada banyak sekali bahaya yang mengintai. Plastik jadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan dan Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Sebagai generasi muda, kita gak boleh lagi tutup mata soal ini. Sudah saatnya kita melakukan aksi nyata akan dampak bahaya plastik yang semakin nyata. Aksi nyata itu dapat kita lakukan dengan menerapkan prinsip 5R.

Berikut pemaparan tentang 5R

  1. Reduce

Reduce atau mengurangi adalah konsep untuk mengurangi penggunaan bahan yang tidakperlu dan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi sumber daya alam dan mengurangi produksi limbah.

Beberapa contoh pengurangan penggunaan bahan yang tidak perlu adalah dengan membeli produk dengan kemasan yang ramah lingkungan, menggunakan kantong belanjaan yang dapat digunakan kembali, atau memilih produk yang memiliki masa pakai yang lebih lama.

  1. Reuse

Reuse atau menggunakan kembali adalah konsep untuk menggunakan kembali bahan yang masih bisa digunakan dan meminimalisir jumlah sampah. Hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan kembali produk yang sudah tidak digunakan.

Contohnya dengan memanfaatkan kantong belanjaan yang sudah tidak digunakan lagi sebagai tempat sampah atau membuat tas belanjaan dari bahan-bahan bekas lain seperti baju atau celana yang tidak dipakai lagi.

  1. Recycle

Recycle atau mendaur ulang adalah konsep untuk mengolah kembali sampah menjadi bahan yang bisa digunakan kembali. Kita bisa melakukannya dengan cara memilah sampah dan mengolahnya menjadi bahan baku yang bisa digunakan kembali.

Beberapa contoh dari prinsip  ini adalah dengan mengolah sampah kertas menjadi kertas daur ulang atau mengolah botol plastik menjadi serat yang bisa digunakan untuk membuat produk lain seperti baju atau tas.

  1. Replace

replace atau mengganti pemakaian suatu barang adalah konsep memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah.

Beberapa contoh dari prinsip ini adalah dengan mengubah penggunaan kertas tisu dengan menggunakan sapu tangan. Mengganti kendaraan bermotor dengan sepeda agar lebih hemat energi dan mengganti styrofoam dengan daun pisang ketika membungkus makanan.

  1. Replant

Replant atau  penanaman kembali adalah konsep menanam kembali menggunakan sampah anorganik. Dalam pengolahan sampah anorganik, Replant berarti mengambil bahan-bahan anorganik yang tidak dapat didaur ulang dan menggunakannya sebagai bahan untuk menanam kembali tanaman atau membuat taman.

Beberapa contoh dari prinsip replant adalah menggunakan kantong plastik bekas sebagai pot untuk menanam tanaman, menggunakan botol plastik bekas sebagai wadah untuk menanam tanaman, dan menggunakan kaleng bekas sebagai pot untuk menanam tanaman.

Menjaga lingkungan bukan hanya angan-angan, tapi tindakan. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus menerapkan prinsip 5R agar lingkungan tetap terkendali.  Salam sehat!!

Tuliskan Komentar