Mendaur Ulang Sampah Menjadi Karya dalam Lomba Hasta Karya

(Pekanbaru) Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, SMPN 10 Pekanbaru mengadakan berbagai kegiatan perlombaan, salah satunya ialah membuat kerajinan dari berbagai barang bekas ( recycle ) menjadi Hasta Karya.

Masing-masing kelas memiliki perwakilan untuk dapat membuat kerajinan sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh sekolah berkaitan dengan kemerdekaan. Perwakilan kelas diberikan waktu untuk dapat menyelesaikan hasta karya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dalam perlombaan ini, ada yang membuat kerajinan dari sendok plastik bekas yang dibuat menjadi gantungan, ada pula yang mengolah kardus bekas menjadi suatu hiasan tank yang terinspirasi dari masa peperangan dalam merebut kemerdekaan, dan lainnya.

Hasil dari hasta karya yang telah dibuat tersebut dapat digunakan sebagai hiasan dalam masing-masing kelas siswa. Hasta karya tersebut menjadi terlihat sangat menarik setelah dipajang dalam kelas.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi lingkungan sekitar kita. Karena kegiatan ini mengajarkan kita untuk mengurangi ( reduce ) sampah-sampah yang ada dengan cara mendaur ulangnya.

by : Pradiva Thalita

Tuliskan Komentar