Memanfaatkan Ecobreak sebagai Pojok Baca Kelas 9.6

Pojok baca Ecobreak SMPN 10 Pekanbaru

Dalam rangka adiwiyata nasional, warga SMPN 10 Pekanbaru menerapkan sejumlah aksi gerakan peduli terhadap lingkungan. Gerakan adiwiyata yang dilakukan ini pada dasarnya sama seperti gerakan peduli lingkungan pada umumnya, antara lain untuk mengurangi jumlah sampah serta melakukan penghijauan. Uniknya, aksi peduli lingkungan SMPN 10 kali ini bukan sekedar aksi biasa namun juga mengandalkan daya kreatifitas siswa untuk menjadikan adiwiyata ini tekesan lebih menarik.

Salah satunya aksi yang dilakukan dalam memanfaatkan sampah dari lingkungan sekitar khususnya siswa SMPN 10 kelas 9.6, berkreatifitas menciptakan pojok baca dengan cara membuat ecobreak. Aksi ini tergolong sederhana dimana siswa cukup memanfaatkan sampah botol plastik dengan menjadikannya pagar pembatas. Ecobreak disusun dengan formasi botol yang sejajar mengelilingi pojok baca. Sebagai tambahan, siswa kelas 9.6 juga membuat meja dari ecobreak yang diletakkan di tengah pojok baca.

Alhasil setelah menambahkan ecobreak dan sedikit dekorasi, pojok baca kelas 9.6 terlihat menjadi lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi. Semoga melalui gerakan adiwiyata yang dilakukan ini, siswa dapat meningkatkan kreatifitasnya disamping melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan.

 

Writed by : Maria Stefi

Tuliskan Komentar