Bersama Melakukan Kegiatan Batobo di SMPN 10 Pekanbaru

Kamis (19/01/23), tepatnya di SMP Negeri 10 Pekanbaru,  siswa siswi melakukan kegiatan batobo. Batobo adalah kegiatan gotong royong bersama. Batobo memiliki prinsip untuk menifestasi kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Sebelum kegiatan ini dimulai, SMPN 10 Kedatangan tamu dari salah satu pesantren yang berada di Pasir Pangaraian yang ingin meminta bantuan kebeberapa sekolah di Pekanbaru, salah satunya adalah sekolah kita. Bantuan ini akan diberikan kepada kalangan masyarakat yang tinggal di pedalaman.

Setelah kunjungan selesai kegiatan batobo dimulai dengan didampingi oleh wali kelas dan juga dibantu oleh beberapa guru lainnya. Batobo sekali sebulan ini dilakukan tidak hanya untuk membersihkan kelas secara keseluruhan saja tetapi juga untuk membersihkan musholla, pustaka, labor, dan membersihkan taman kelas.  

“Kegiatan batobo ini dilakukan untuk mengajak para siswa bekerja sama membersihkan sekolah, dan juga memupuk rasa solidaritas dan tangguing jawab dari seluruh warga SMPN 10 Pekanbaru.” Ucap wakil kesiswaan ibu Hj Lilik Susanti S.Pd.

“Ada beberapa manfaat batobo lainnnya yang juga membantu siswa seperti meningkatkan rasa percaya diri dan ketrampilan sosial mereka.”  lanjutnya

“Semangat, soalnya jarang-jarang juga batobo ini dilakukan dan capek juga tapi karna kerjanya sama-sama jadi lebih ringan dan happy.” komentar salah satu siswa

Kegiatan batobo selesai dan seluruh siswa kembali mengikuti pembelajaran dikelas masing masing. Diharapkan, kegiatan positif dan saling membantu serta memupuk kekompakkan seperti ini dapat terus dilakukan bersama siswa siswi SMPN 10 Pekanbaru.

 

(By Juni Gracia)

 

Tuliskan Komentar