Workshop Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 10 Pekanbaru

SMPN 10 Pekanbaru Kedatangan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, pada Kamis / 23 Februari 2023 lalu. Kedatangan ini dalam rangka Workshop Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka, yang diikuti oleh seluruh guru-guru SMPN 10 Pekanbaru. Workshop dilaksanakan di Ruang Pertemuan dan Ruang Multimedia SMP Negeri 10 Pekanbaru, dengan pembicara sejumlah 4 orang.

Workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Kepala SMPN 10 Pekanbaru yang memberikan motivasi kepada bapak dan ibu guru agar tetap bersemangat dalam menyelesaikan PMM (Platform Merdeka Mengajar), serta sambutan Instruktur Percepatan IKM oleh ibu Februartati M.Pd, selaku pengawas SMP Kota Pekanbaru.

Pemberian materi Workshop pertama tama diawali oleh Ibu Februartati M.Pd, yang juga ikut berpartisipasi sebagai narasumber dalam Workshop ini. Beliau menyampaikan materi mengenai tahapan perencanaan berbasis data untuk satuan Pendidikan, berupa data rapor pendidikan sekolah yang didapatkan dari ANBK yang dilaksanakan di sekolah masing-masing. Beliau menyampaikan 5 program dari kemendikbud ristek yang harus sekolah benahi dalam ARKAS nya yaitu literasi, numerasi, karakter, iklim kebhinekaan, iklim keamanan. Beliau juga menambahkan, terdapat 3 langkah utama dalam PBD yaitu identifikasi, refleksi, benahi. 

Penyampaian materi workshop kemudian dilanjutkan oleh ibu Agustrianita, S.Pd, selaku tim percepatan IKM SMP Kota Pekanbaru sekaligus Guru Bahasa Inggris di SMPN 40 Pekanbaru. Materi yang disampaikan berupa penguatan IKM melalui pelatihan mandiri pada platform merdeka mengajar (PMM). PMM sendiri adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak bagi pendidik dalam mewujudkan pelajar pancasila.

Sebelumnya, beliau juga sempat memberi sedikit pengenalan mengenai menu-menu pada platform PMM. Kemudian, penjabaran terkait permasalahan ranking PMM kota Pekanbaru yang seharusnya cukup tinggi, namun kenyataannya masih menduduki ranking yang lebih rendah dibanding kabupaten-kabupaten lainnya. Untuk itu tim percepatan IKM SMP mengunjungi sekolah-sekolah untuk sama-sama belajar dan menaikkan ranking PMM Kota Pekanbaru. Beliau juga tak lupa memotivasi para guru dalam melaksanakan pelatihan mandiri pada PMM untuk meningkatkan kualitas para guru SMPN 10 Pekanbaru.

Terakhir, penyampaian materi workshop oleh Bapak Rofi, S.Pd. Beliau adalah guru di SMPN 23 Pekanbaru sekaligus guru penggerak angkatan 1. Dari materi yang disampaikan, tak lupa Beliau juga menyertakan nasehat serta motivasi di akhir, yaitu bahwa implementasi kurikulum merdeka ini dimulai dari diri sendiri. Dan, ingat selalu untuk melakukan perencanaan sebelum menjalankan aksi nyata.

 

Penulis: Maria Stefi 

Editor: Juni Gracia Hutauruk

 

Tuliskan Komentar